Sabtu, 16 Agustus 2008

PPNI Workshop : Makassar

. Sabtu, 16 Agustus 2008 .



WORKSHOP:

PPNI Kota Makassar akan selenggarakan Pelatihan C. Instruktur 21-23/8/08



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan menumbuhkan perkembangan keterampilan keperawatan sebagai profesi. Perawat sebagai tenaga kesehatan tidak terlepas dari pengaruh adanya peningkatan tuntutan dari masyarakat Oleh karena itu pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan, perlu diupayakan pengembangannya.

Pendidikan dan pengembangan keperawatan perlu diarahkan untuk dapat menghasilkan perawat yang memiliki ilmu pengetahuan/ ilmu keperawatan yang mendalam dan menguasai metode ilmiah, serta menerapkannya dalam asuhan keperawatan pada klien, baik sebagai individu, keluarga, dan kelompok masyarakat tertentu.

Proses pembelajaran dalam pendidikan profesi selalu membutuhkan suatu tatanan yang dapat mendukung peserta didik/mahasiswa keperawatan untuk mencapai penguasaan keterampilan profesional, termasuk keterampilan intelektual, sikap dan psikomotor.

Pembelajaran klinik perlu dilakukan dalam pendidikan profesi & merupakan pembelajaran terpenting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat


Kemampuan memberikan pelayanan harus dipelajari dengan praktik langsung kepada klien tidak hanya dapat dipelajari dengan simulasi di kelas dengan alasan :

1. Respon manusia (mahasiswa, klien & keluarganya) bersifat dinamis à tidak dapat dipelajari hanya dengan simulasi
2. Situasi klinik sangat berbeda dengan situasi kelas / laboratorium
3. Sarana & prasarana di kelas berbeda dengan di klinik
4. Keterampilan penyelesaian masalah & pengambilan keputusan akan terlatih dengan baik melalui pembelajaran klinik.

Dilandasi pada konsep tersebut, kiranya perlu diselenggarakan “Pelatihan Teknis Instruktruk Klinik dalam pembelajaran klinik di rumah sakit.

Pembawa materi pelatihan terdiri dari :
1. Unsur DPW PPNI Provinsi Sulawesi Selatan,
2. Unsur PSIK-UNHAS Makassar
3. Unsur Pusat (Rumah Sakit Persahabatan Jakarta)




0 komentar:

 
Perawat dan Bidan is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com